Berita Bisnis Ekonomi dan Sosial Terbaru
Berita Menarik, Hangat, Teraktual

Mengenal Lampu Tenaga Surya

Lampu tenaga surya. Ada yang sudah tau belum lampu jenis apa ini? Atau lampu tenaga surya itu yang seperti apa sih? Lampu tenaga surya merupakan lampu yang menggunakan tenaga matahari, memiliki baterai untuk pengisian ulang lampu tersebut. Lampu tersebut bekerja di saat malam hari, di saat siang hari lampu akan mengisi ulang baterai nya dengan matahari. Lampu tenaga surya ini dapat digunakan di dalam ruangan atau pun di luar ruangan. Biasanya kalau di luar ruangan akan dijadikan lampu taman atau jalan. Sedangkan di dalam ruangan biasanya untuk lampu penerangan di garasi. Lampu tenaga surya ini akan secara otomatis menyala pada hari mulai gelap. Lampu ini juga bertahan menurut berapa daya matahari yang diserap baterai tersebut. Lampu jenis ini pun kekurangannya di pencahayaan, lampu tenaga surya ini tidak terlalu terang dibandingkan dengan lampu biasa. Lampu ini juga tergolong lampu yang relatif murah harganya.

Lampu ini muncul sejak isu pemanasan global. Karena efek dari pemanasan global sangat baik untuk lampu jenis ini. Lampu ini dijadikan penerangan alternatif apa bila di saat lampu utama padam, lampu tenaga surya ini akan secara otomatis menyala. Tetapi tidak semua lampu tenaga surya akan menyala otomatis, ada sebagian lampu ini dinyalakan secara manual. Munculnya lampu tenaga surya juga karena kebutuhan bahan bakar minyak semakin menipis. Akibat dari pemakaian di kendaraan maupun lainnya semakin meningkat drastis. Apa lagi dari sisi perindustrian, sangat banyak memakai terlalu berlebihan yang mengakibatkan ketergantungan pada bahan bakar minyak itu sendiri. Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa semakin lama semakin susah untuk mendapatkan bahan bakar minyak. Apabila ini terus menerus terjadi,maka semakin menipis pula bahan bakar minyak yang dihasilkan pada daerah tersebut. Oleh karena itu, untuk menguranginya, beralihlah ke lampu tenaga surya.

Lampu tenaga surya, tenaga pencahayaan nya memang tidak sebaik lampu biasa. Karena pembuatannya hanya diperhitungkan untuk 8-10 jam pemakaian saja, berbeda dari lampu berbahan bakar minyak biasanya.

Sekarang lampu tenaga surya telah banyak yang memakainya karena memiliki banyak manfaat yang baik, seperti :

  1. Lampu penerangan di rumah
  2. Lampu penerangan di teras
  3. Lampu penerangan di garasi
  4. Lampu penerangan taman
  5. Lampu penerangan stadion
  6. Lampu penerangan jalan, dan
  7. Lampu merah di jalanan

Jadi untuk apa lagi memaksakan diri memakai lampu berbahan bakar minyak, tidak ada salahnya kan anda menggunakan lampu jenis ini di lingkungan. Banyak manfaatnya jika anda menggunakan lampu jenis itu. Sebagai penghematan listrik di rumah maupun pengurangan pemakaian bahan bakar minyak. Ini juga dapat mengatasi dari dampak pemanasan global dengan cara menggunakan yang dibuat berbahan tenaga surya, seperti lampu tenaga surya ini.

Leave a Reply