Berita Bisnis Ekonomi dan Sosial Terbaru
Berita Menarik, Hangat, Teraktual

Tips Membuat Panel Surya Sederhana Di Rumah

Panel surya saat ini telah makin gencar di pasarkan, terkait dengan semakin menipisnya energi fosil dan semakin meningkatnya efek pemanasan global. Panel surya adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengonversi tenaga matahari menjadi tenaga listrik. Penggunaan panel ini diiming-imingkan akan menggantikan listrik yang berasal dari fosil dimasa yang akan datang.

Panel surya memang menjadi solusi untuk mengurangi dampak pemanasan global, karena mampu menghasilkan aliran listrik dengan memanfaatkan energi cahaya matahari. Sebagaimana kita ketahui energi cahaya matahari merupakan sumber energi terbesar di dalam kehidupan kita yang tidak akan pernah habis meskipun terus-menerus digunakan, efek dari pemanfaatan cahaya matahari sebagai cara untuk menghasilkan aliran listrikpun tidak berbahaya sama sekali dan sangat ramah lingkungan.

Kita bisa mengetahui cara membuat panel surya sendiri menjadi informasi penting bagi kita semua. Kali ini kita akan membahas langkah-angkah untuk merakit panel surya yang sederhana, yang tidak memiliki teknologi canggih solar cell di dalamnya.

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Dalam merakit sebuah panel surya terlebih dahulu anda haus menyiakan beberapa alat dan bahan berikut ini

–          Kotak CD bekas dengan bahan dasar plastik bening

–          Lempengan besi dan tembaga

–          Kabel tebaga

–          Lem silikon

–          Gunting

–          Garam

–          Air

Cara Membuat Panel Surya

Langkah pertama dalam membuat panel surya adalah dengan membuat plat besi yang berkarat hingga menyerupai bentuk kotak, kemudian bersihkan salah satu sudut plat dengan menggunakan amplas  untuk kemudian disolder dengan kabel tembaga. Plat yang dibentuk ini selanjutnya akan berfungsi sebagai sisi negatif dari panel surya.

Selanjutnya bentuklah lembaran tembaga hingga berbentuk huruf U yang dengan ukuran sedikit lebih besar dari plat yang telah kita bentuk tadi, dengan bagian dalam potongan U tersebut lebih kecil dari pat besi berkarat. Lembaran tembaga ini yang akan menjadi “solar cell” kita meskipun secara sederhana. Tapi memang tembaga ini lah yang akan mengonversi menjadi energi listrik. Kemudian solder kabel tembaga di salah satu sisi plat U dan rekatkan plat U pada kotak CD bagian depan dengan menggunakan lem silikon. Pastikan sambungan tersebut benar-benar tertutup agar tidak terjadi kebocoran.

Langkah selanjutnya letakkan plat yang berbentuk kotak di atas plat U dengan mengelem keduanya agar saling menempel. Kemudian gunakan pipet besar untuk menambahkan air yang telah dicampurkan dengan garam ke bagian dalam plat tembaga sampai penuh. Langkah terahir tutup dengan lem dan tunggu hingga kering. Nah kemudian panel siap diuji cobakan. Letakkan panel surya yang telah jadi di terik matahari kemudian anda dapat mencoba menyambungkan kabel lampu melalui sisi negatif dan positifnya dan lampu akan segera menyala.

Tenetu ini tidak sebanding dengan panel surya berteknologi yang sudah ada di pasaran. Untuk memiliki panel surya yang layak pakai dan tahan lama, kita perlu membelinya di tempat yang jual solar cell bersamaan dengan panelnya. Dari penjual, tanyakan juga hal-hal mengenai garansi, pemasangan, dan perawatannya. Cari penjual yang memberikan layanan purna jual yang baik terkait hal-hal tersebut.

Leave a Reply