Berita Bisnis Ekonomi dan Sosial Terbaru
Berita Menarik, Hangat, Teraktual

Fungsi Lampu PJU Tenaga Surya dan Cara Menggunakannya

Pengertian Lampu PJU Tenaga Surya

Lampu PJU tenaga surya merupakan sebuah lampu yang digunakan diluar ruangan atau di pinggir jalan yang mengunakan tenaga matahari yang diolah menjadi energi listrik, sehingga tidak menggunakan sumber listrik utama seperti PLN. Lampu ini selain berfungsi sebagai alat penerangan, juga sebagai hiasan yang mempercantik halaman rumah, kolam, koridor, dan lain – lain. Lampu PJU tenaga surya mempunyai beberapa varian sebagai contoh: lampu pju 20 watt, lampu pju 30 watt, lampu pju 40 watt, lampu pju 50 watt. 

Prinsip Kerja Lampu PJU Tenaga Surya

Seperti dengan namanya, prinsip kerja utama dari lampu PJU tenaga surya ialah memanfaatkan atau menyerap cahaya sinar matahari yang kemudian di simpan didalam sebuah baterai yang terpasang pada bagian lampu tersebut. Untuk menyerap sinar matahari menggunakan panel surya yang terpasang dibagian atas lampu, sehingga pada siang hari panel surya menjalankan tugasnya untuk menyerap sinar matahari yang dibutuhkan. Selain itu, panel surya juga dapat menangkap sinar UV jika kondisi cuaca tidak mendukung seperti mendung atau berawan, panel surya masih dapat menjalankan tugasnya yaitu menangkap energi yang ada.

Jika saat malam tiba atau tidak ada matahari, maka panel surya berhenti menjalankan tugasnya untuk menangkap cahaya matahari. Cahaya matahari yang sudah didapat saat siang hari, akan diubah menjadi energi listrik yang melalui tahap atau proses photovoltaic. Kemudian listrik tersebut akan membuat lampu PJU menyala disaat malam hari.

Lampu yang digunakan pada lampu PJU tenaga surya adalah jenis lampu LED. Jenis lampu ini merupakan lampu yang sangat terang namun menyerap daya yang sedikit, sehingga awet dan tahan lama. Selain lampu dan beterai, yang diperlukan atau perlengkapan dari lampu PJU tenaga surya adalah saklar on off yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan lampu. Posisi saklar pada lampu bervariasi, biasanya diletakan ditempat yang tidak terlihat, hal ini dilakukan untuk melindungi saklar agar tidak terkena air atau hujan.

Keuntungan Lampu PJU dengan Tenaga Surya dibandingkan dengan Lampu lain pada umumnya

  1.             Sumber listrik tidak pernah habis

Sumber listrik tidak akan pernah habis, karena sumber listrik dari lampu PJU ini adalah cahaya matahari. Seperti yang kita ketahui, bahwa cahaya matahari selalu ada saat mulai terbit dipagi hari dan terbenam saat sore hari. Sehingga lampu PJU  dapat menyerapa cahaya matahari yang cukup untuk menerangi dari malam sampai pagi.

  1.             Irit Biaya

Dikatakan irit biaya karena lampu PJU tenaga surya tidak menggunakan sumber listrik utama sehingga tidak menambah biaya atau tagihan listrik rumah. Walapun saat membeli harga lumayan mahal, akan tetapi lampu  tenaga surya ini dapat digunakan dalam angka waktu yang lama, sehinga jika dihitung-hitung lebih hemat dibandingan dengan lampu – lampu lainnya yang menggunakan listrik utama.

  1.             Ramah lingkungan dan Bebas Polusi

Lampu PJU tenaga surya dikatakan ramah lingkungan karena menggunakan bahan bahan yang tidak berbahaya, serta juga tidak menggunakan bahan bakar. Sehingga tidak ada polusi yang dihasilkan dari lampu PJU tenaga surya ini.

  1.             Perawatan mudah

Perawatan yang perlu dilakukan adalah dengan mengelap atau membersikan bagian panel surya agar dalam proses menyerap sinar matahari tidak terhalangi. Selain perawatan, pemasangannya pun sangat mudah, cukup dengan menancapkan di tanah dan pilih tempat yang tidak menghalangi posisi panel surya dalam menyerap sinar matahari

Leave a Reply