Berita Bisnis Ekonomi dan Sosial Terbaru
Berita Menarik, Hangat, Teraktual

6 Cara Penggunaan Genset Mini Untuk Pemula

Di pasaran memang terdapat banyak model genset yang dijual, mulai dari genset mini sampai genset besar, mulai dari kapasitas 30 kva hingga varian kapsitas lain seperti genset 45 kva, genset 100 kva, hingga genset 135 kva Selain itu, yang membedakan genset besar dan genset kecil adalah penggunaannya. Adapun untuk usia penggunaannya sendiri, tergantung dari bagaimana perawatan yang dilakukan oleh pengguna genset itu sendiri. Bagi para pemula yang baru menggunakan mesin genset, ada beberapa perawatan yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

  1. Cek Bahan Bakar

Tahapan yang paling utama sebelum Anda menyalakan genset yaitu wajib mengecek ketersediaan bahan bakar, namun hal ini berbeda untuk generator tanpa menggunakan bahan bakar. Pada kapasitas genset 45 kva dan genset 100 kva, sebaiknya pakai bahan bakar premium. Apabila kosong, sebaiknya isi secukupnya saja dan tidak terlalu penuh ataupun terlalu sedikit.

  1. Cek Pelumas Mesin

Selain mengecek bahan bakar, langkah kedua saat Anda memakai genset yaitu dengan memastikan pelumas atau oli dapat terisi penuh. Biasanya memakai oli tipe SAE 20-40 dengan merek apa pun dapat digunakan berdasarkan jenis genset yang dimiliki.

  1. Cek Kondisi Aki

Untuk melakukan pengecekan aki atau accu ini dapat dilakukan start secara langsung. Apabila masih baik, biasanya mesin langsung menyala namun bila beberapa kali Anda tekan tapi tak terjadi respons mesin, bisa dikatakan accu genset dalam kondisi kurang baik. Periksa accu serta beberapa konektor yang langsung berhubungan dengan sistem pembangkit listrik sebagai pemicu genset bergerak. Bila tak terjadi masalah dengan kabel dan konektornya, Anda bisa mengganti accu genset.

  1. Cek MCB Pembebanan Listrik

Hal ini wajib dilakukan sebab jangan sampai arus listrik yang nantinya dialirkan listrik bermasalah hingga menjadi short. Tak terkecuali kabel yang ikut menopang beban listrik. Pastikan jika MCB panel ke generator maupun saklar PLN dalam keadaan off. Hal tersebut dilakukan agar penyebaran arus tak teratur dapat terhindar sehingga meminimalisirkan risiko kecelakaan kerja.

  1. Menyalakan Genset Bensin

Sesudah melakukan pengecekan pada beberapa komponen utama serta arus distribusi, Anda bisa melakukan beberapa tahapan yang wajib dilakukan untuk mengaktifkan mesin genset, diantaranya :

∙         Pastikan untuk melakukan choke genset terlebih dulu sebelum dinyatakan, ubah posisi untu dapat mempercepat nyala genset saat dihidupkan.

∙         Letak choke sendiri umumnya berada di dekat karburator, dan biasanya dilengkapi logo segitiga.

∙         Pastikan letak tuas choke ada di puncak logo segitiga.

∙         Posisikan engine switch atau saklar mesin dalam posisi on.

∙         Posisikan tuas pengatur udara maupun choke dalam posisi on.

  1. Menyalakan Genset Mini Diesel

Hampir sama sesudah semua disiapkan dan dinyalakan dengan benar, Anda bisa melanjutkan cara penggunaan genset dengan tahapan berikut ini :

∙         Posisikan kunci kontak dalam posisi on lalu diamkan sejenak.

Cek voltase dalam display 12 volt atau 24 volt tergantung accu yang diperlukan.

Leave a Reply