Berita Bisnis Ekonomi dan Sosial Terbaru
Berita Menarik, Hangat, Teraktual

Mengenal Dekat Lampu PJU Solar Cell

Lampu penerangan jalan umum tenaga surya adalah solusi pemakaian lampu-lampu untuk penerangan jalan umum dan berfungsi memberikan penerangan di jalan lalu lintas, yang memanfaatkan teknologi panel surya. Untuk PJU solar cell, biasanya lampu yang dipakai berjenis lampu LED, yang memiliki kapasitas watt menyesuaikan keperluan. Adapun pemilihan lampu LED ini dikarenakan kapasitas wattnya lebih kecil daripada lampu-lampu berjenis fluoroscent atau metal halide, tapi mampu menghadirkan penerangan yang sama-sama terang.

Komponen Lampu PJU Tenaga Surya

Adapun komponen-komponen utama dalam lampu PJU solar cell ialah sebagai berikut :

  • Panel Surya, merupakan komponen yang berfungsi untuk memproduksi listrik. Di negara Indonesia jenis crystalline merupakan jenis panel surya paling banyak dipilih.
  • Baterai, merupakan komponen yang berguna untuk penyimpanan daya listrik yang dihasilkan dari panel surya. Baterai jenis Lithium merupakan yang paling banyak digunakan.
  • Lampu, merupakan komponen yang difungsikan sebagai sumber pencahayaan atau penerangan.
  • Solar Charger Controller, merupakan komponen yang berfungsi mengatur charge, panel surya menuju baterai, serta discharge yang berasal dari baterai menuju lampu.

Sementara, komponen-komponen pelengkap/umumnya, ialah sebagai berikut :

  • Tiang PJU, mempunyai tinggi yang dapat disesuaikan dengan tipe dan kebutuhan jalan, dari 6 m sampai 12 m. Umumnya tiang jenis ini terbuat dari bahan plat besi dengan lapisan Hot Deep Galvanize (HDG).
  • Kabel berikut aksesoris pelengkap yang lainnya.
  • Penyangga panel surya yang berguna sebagai penyangga panel surya yang terdapat pada tiang.

Menentukan Sistem PJU Tenaga Surya Dengan Tepat

Untuk menentukan sebuah sistem yang ideal Anda harus selalu ingat dengan beberapa hal yang biasanya menjadi masalah, seperti berikut ini :

  • Baterai merupakan komponen terpenting dalam menyimpan energi, tapi paling mudah rusak. Karena itu, pastikan untuk memilih baterai yang sesuai kebutuhan. Jenis lead acid baterai biasanya dibanderol dengan harga murah serta lebih mudah dibeli, akan tetapi performanya bisa turun apabila terpapar suhu di atas 25 derajat. Jenis baterai lithium umumnya lebih adaptif terhadap kondisi panas serta pemakaian, namun harganya dapat dikatakan 2 kali lipat dari harga baterai berjenis lead acid.
  • Sumber energi listrik PJU solar cell berasal dari matahari, dan bukan baterai. Karena itu pastikan tingkat kapasitas panel surya yang dimilikinya lebih besar daripada kebutuhan daya lampu tiap harinya.
  • Setiap jenis jalan mempunyai kebutuhan penerangan berbeda, karena itu pastikan Anda untuk memahaminya. Sebab jika salah dalam menentukan kebutuhan, maka Anda tak akan bisa memperoleh penerangan dengan tepat.

Untuk menentukan kebutuhan pada sistem penerangan jalan umum tenaga surya dengan tepat, Anda harus menentukan kebutuhan pada daya lampu yang Anda gunakan, lalu kalikan dengan waktu pemakaiannya. Dengan demikian, hasil yang diperoleh adalah total dari kebutuhan daya selama sehari.

Leave a Reply